CIVIL ENGINEERING

CIVIL ENGINEERING

Jenis - Jenis Perawatan Beton

0 comments








Jenis-jenis perawatan beton antara lain adalah :

1. Steam Curing
Menguntungkan bila menginginkan kekuatan awal. Panas tambahan dibutuhkan untuk menyelesaikan hidrasi (misal pada musim dingin). Ada 2 metoda, yaitu Live steam (tekanan atmosferik) & Autoclave (tekanan tinggi)

2. Penyemprotan/ Fogging
Metoda yang baik untuk kondisi dgn suhu diatas suhu beku dan humiditas rendah. Kekurangannya yaitu biaya dan dapat menyebabkan erosi pada permukaan beton yang baru mengeras

3. Penggenangan/Perendaman
Ideal untuk mencegah hilangnya moisture. Mempertahankan suhu yang seragam. Kekurangannya yaitu membutuhkan tenaga kerja yang banyak dan perlu pengawasan & tidak praktis untuk proyek yang besar

4. Lembaran Plastik (Sesuai ASTM C171)
Lapisan Polyethylene dgn ketebalan 4 mm. Kelebihannya yaitu ringan, efektif sbg penghalang hilangnya moisture, & mudah diterapkan. Kekurangannya yaitu dapat menyebabkan discoloration permukaan, lebih terlihat bila lapisan plastik bergelombang, & diperlukan penambahan air secara periodic.


5. Penutup Basah (Sesuai ASTM C171)
Menggunakan bahan yang dapat mempertahankan moisture, spt. burlap (karung goni) yang dibasahin. Kelebihannya yaitu tidak terjadi discoloration & tahan terhadap api. Kekurangannya yaitu memerlukan penambahan air secara periodik & diperlukan lapisan plastik penutup burlap untuk mengurangi kebutuhan penambahan air.

6. Curing Compound (Sesuai ASTM C 309)

Membentuk lapisan tipis pada permukaan untuk menghalangi penguapan. Efisiensinya di test dengan ASTM C 156.



Artikel Terkait:



Comments
0 comments: