CIVIL ENGINEERING

CIVIL ENGINEERING

Menghitung Berat Besi Beton Tanpa Tabel

0 comments



Oi gan, ketemu lagi hehe
Ceritanya ane ketemu kepala bagian dr kontraktor swasta.
Terus ditanyain berat besi beton untuk besi Ø 16 mm. Ane bingung jawabnya gan, karna ane gahafal. biasanya kan kalo mau tau berapa beratnya tinggal liat tabel aja. malu ane pada saat itu gan. trus ane dkasih tau tuh sm dia katanya "jangan jd org text book, masa mau liat tabel terus". Jleb banget kan, akhirnya ane dkasih tau rumusnya sm dia.
nih ane share gan.
Kan ente bisa liat ditabel tuh Ø sekian beratnya sekian.
asal ente tau sebelum dapet tuh angka pasti ada perhitunganya dulu kan ? wkwk

Asal rumus :
Dengan menggunakan pendekatan rumus volume tabung.
Volume tabung = (0,25 x 3,14 x Ø²) x P x BJ

Keterangan :
Ø   = diameter besi beton
P    = panjang besi beton
BJ   = berat jenis besi beton (7.850 kg/m³)

Rumus ini disederhanakan, sehingga menjadi :
Volume = 0.25 x 3.14 x Ø² (m²) x Panjang (m') x 7.850 kg/m³
= 6.162,25 kg/m³ x Ø² (m²) x Panjang (m')

Contoh aja nih gan,
Misal kita mau cari berat besi Ø 7
Nah ubah dulu 7 mm jadi 0,007 m
Baru masukin dah kerumus yg udah disederhanakan yg diatas
= 6.162,25 x 0,007
² x 12
= 3,623403 kg dibuletin jd 3,63 kg
Tuh sama kan kaya tabel diatas wkwk

Kalo panjangnya kurang dari 12 m contoh 5 m brarti tinggal dganti aja panjangnya jd 5 m.

Tuh kan sekarang gausah liat tabel lagi ya :p




SEMOGA BERMANFAAT 



Artikel Terkait:



Comments
0 comments: