CIVIL ENGINEERING

CIVIL ENGINEERING

Pengaruh Muka Air Tanah Pada Kapasitas Dukung Pondasi

0 comments
Biasanya kita bingung dengan soal-soal atau perhitungan pondasi dangkal dengan berbeda beda muka air tanahnya. Jujur saya juga awalnya bingung hehe. Ternyata kalau udah tau caranya mah gampang kok :D

Berat volume tanah itu sangat dipengaruhi oleh kadar air dan kedudukan air tanah. Oleh karena itu, hal tersebut berpengaruh pula pada kapasitas dukungnya.




1)  Jika muka air tanah sangat dalam dibandingkan dengan lebar pondasi atau z>B, dengan z adalah jarak muka air tanah dibawah dasar pondasi (Lihat gambar A), nilai γdalam suku ke-2 dari persamaan kapasitas dukung yang dipakai adalah γb atau γd, demikian pula dalam suku persamaan ke-3 dipakai nilai berat volume basah γb atau kering γd. Untuk kondisi ini parameter kuat geser yang digunakan dalam hitungan adalah parameter kuat geser dalam tinjauan tegangan efektif (c’ dan φ’)



1)  Bila muka air tanah terletak di atas atau sama dengan dasar pondasi (Lihat gambar B), berat volume efektif atau berat volume apung (γ’), karena zona geser yang terletak di bawah pondasi sepenuhnya terendam air. Pada kondisi ini, nilai Po pada suku persamaan ke-2 menjadi :
Po = γ’ (Df – dw) + γbdw
Dengan γ’ = γsat - γw dan dw = kedalaman muka air tanah
2)  Jika muka air tanah dipermukaan atau dw = 0, maka γpada suku persamaan ke-2 digantikan dengan γ’, sedangkan γ pada suku persamaan ke-3 juga dipakai berat volume apung (γ’).


1)  Jika muka air tanah terletak pada kedalaman z dibawah dasar pondasi (z<b) (Lihat gambar C). Nilai γpada suku persamaan ke-2 digantikan dengan γb bila tanahnya basah, dan γd bila tanahnya kering. Karena massa tanah dalam zona geser sebagian terendam air, berat volume tanah yang diterapkan dalam persamaan kapasitas dukung suku ke-3 dapat didekati dengan,
γrt = γ’ + (Z/B)( γb - γ’)
dengan γrt = berat volume tanah rata-rata


Jika kurang mengerti mohon sampaikan pada kolom komentar

Semoga bermanfaat 



Artikel Terkait:



Comments
0 comments: